Sabtu, 01 Oktober 2011

Java Bier,Heineken & Bir Bintang

Logo Java Bier pada sebuah korek api
 HEINEKEN'S 
INDONESISCHE BIERBROUWERIJEN MAATSCHAPPIJ N.V
SURABAJA
JAVA

Iklan Java Bier (doc :http://www.purwokertoantik.com)

Pertama kali mendengar Java Bier, saya yakin ini adalah bir yang diproduksi di Pulau Jawa. Ternyata keyakinan saya kurang tepat. Memang benar Java Bier ini diproduksi di Jawa tepatnya di kota Surabaya.



Awalnya NV Nederlandsch-Indische Bierbrouwerijen didirikan di Medan pada tahun 1929 dan produksi bir dilakukan di Surabaya. Pada tahun 1936, kantor dipindahkan ke Surabaya, dan pada tahun yang sama, Heineken NV menjadi pemegang saham utama.

Setelah Indonesia merdeka, pabrik bir tersebut diganti namanya menjadi Heineken's Indonesian Brewery Company. Pada tahun 1957, Pemerintah Indonesia mengambil alih pabrik bir Heineken dan menguasainya selama 10 tahun.

Pada tahun 1967, Heineken kembali beroperasi di Indonesia lewat perusahaan multinasional bernama Multi Bintang Indonesia. Bir Bintang adalah merek bir produksi Multi Bintang Indonesia, anak perusahaan Heineken di Indonesia.

Bangunan art deco AJBS
Ikon bangunan art deco yang terdapat pada logo Java Bier ini adalah bangunan yang sama dengan bangunan Pabrik Multi Bintang di Surabaya beberapa tahun yang lalu (sekarang Pabrik telah pindah ke Tangerang,Jawa Barat). Letak bangunan itu berada di Jl. Ratna Surabaya, saat ini di area bekas pabrik bir telah berdiri AJBS (Anak Jaya Bapak Sejahtera), Pusat pembelian dari barang-barang kebutuhan peralatan dan perkakas rumah tangga. Di areal itu pula ajang pameran elektronik, komputer,  tanaman hias, furniture dan lain-lain.

Sampul kalender HEINEKKEN'S BIER 1952 (antikpraveda.blogspot.com)


source :indonesiaterkini.com

Bir Bintang =  Bir Indonesia
Source : multibintang.co.id , wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar