Jumat, 30 September 2011

Toko Mainan Gow en Gow

Postcard repro iklan
Berawal dari postcard repro yang kelihatan jadul atau bahasa lebih kerennya adalah vintage yang saya beli di Mirota,Yogyakarta. Saya tertarik mencari tahu sedikit mengenai keberadaan toko mainan yang tersebut didalam postcard tersebut. Iklan asli yang mempromosikan toko mainan tersebut muncul di majalah mingguan Star Weekly tahun 1955 dalam versi hitam putih.

Berdasarkan pencarian saya dengan mengandalkan informasi dari mesin pencari Google, beberapa mengatakan toko mainan Gow en Gow saat ini sudah tutup, lalu ada pula yang mengatakan toko mainan ini masih ada dan tetap menjual mainan anak-anak, hanya saja mainan yang dijual adalah mainan-mainan yang sama seperti bayak dijual di toko mainan lainnya. Padahal di tahun 1950-an toko mainan Gow en Gow ini sangat terkenal karena menjual mainan anak-anak yang berkualitas.


Terlepas dari masih buka atau tidaknya toko tersebut, saya sendiri masih belum secara pasti tahu. mungkin satu hari nanti ketika saya memiliki kesempatan ke Bandung saya akan sempatkan berjalan-jalan di kawasan Pecinan, kota lama Bandung. Toko mainan Gow en Gow terletak di Jalan Alketeri Bandung.

UP DATE POST

14 September 2012, saya mendapat notifikasi dari blog Bpk Eman Sudinta, Senang sekali saya mendapat kabar bahwa beliau telah berkunjung kembali ke Toko Gow en Gow (Sekarang bernama GOWIJAYA) dan telah memiliki foto terbaru toko mainan ini.

Source : http://sepanjangjk.wordpress.com

3 komentar:

  1. Toko mainan favorit sejak saya masih kecil (pertama tau waktu SD dulu, tahun 80an).
    Terakhir saya beli mainan untuk anak saya tahun 2010 kemarin masih buka tuh... Sengaja belanja ke sana, selain mengenang masa kecil, harganya juga keitung miring (^^)

    BalasHapus
  2. Tokonya masih ada. Sekarang namanya jadi Gowijaya.

    Terakhir beli mainan buat ponakan bulan Februari 2012...

    BalasHapus
  3. Kemarin September 2020 saya masih belanja mainan untuk anak Dan cucu saya

    BalasHapus