Kamis, 24 Februari 2011

Liaison Officer (LO)

Banyak yang sudah tahu sekaligus banyak pula yang belum tahu (termasuk saya) apa dan bagaimana Liasion Officer / biasa disingkat LO.Jujur saja sejak follow twitter Melanie Subono saya baru ngeh sama LO, dan memutuskan untuk order buku LOForever (Liasion Officer Forever) by Melanie Subono. hmm....Coba bayangkan serunya pekerjaan ini, siap yang tidak mau, bisa dekat dengan artis luar negeri, bekerja dibalik panggung dan sering ikutan tur. Dream job.

Sebagaimana layaknya pekerjaan selalu ada suka dan duka. yuk kita kenal lebih dekat apa sebenarnya tugas utama seorang LO.

Apa sih pekerjaan liaison officer untuk artis?
Profesi ini semacam penengah antara promotor, media, dan manajer artis. Siapa pun yang ingin berhubungan dengan artis harus melalui LO. Artis mancanegara juga biasanya belum tahu bagaimana negara yang didatangi, makanya butuh panduan LO. 


Adakah tantangan yang dihadapi?
Ada, ketika promotor dan tour manager artis punya kepentingan berbeda. Si tour manager biasanya sangat melindungi artisnya. Sementara si promotor yang merasa sudah membayar mahal, maunya mengeksploitasi sebisa mugkin. Nah, mempertemukan dua kepentingan ini yang seringkali susah. 

Adakah kriteria khusus untuk menekuni profesi ini?
Tidak ada. selain memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, bisa berbahasa Inggris, dan selalu tepat waktu, jangan sampai si artis yang sampai lebih dulu dari LO, sabar menemani si artis ke mana-mana.  


LOForever by Melanie Subono

Sedikit review mengenai buku LOForever ini,  hanya bisa didapet by order di web Melanie di http://www.melaniesubono.com/ menariknya bagi kalian yang beruntung akan dapet kesempatan mendapatkan satu dari 40 dreampass yang sengaja Melanie selipkan ke dalam bukunya. so siapa tahu kalian beruntung dapetin Dream Pass itu yang bisa berupa tiket nonton Maroon5, bahkan jadi asistennya Adam Levine … DreamPass bisa berupa Meet and Greet bareng artis favorit lo,
Pokoknya untuk setiap artis yang datang bersama JAVAMUSIKINDO, akan ada kesempatan buat lo nonton konsernya , atau bahkan jadi asistennya . 

Dan so far, sudah ada 5 DreamPass terbuka yaitu untuk jadi asisten Deftones , 1 tiket nonton Maroon5, 1 tiket nonton Deftones, 1 Meet and Greet BringMe The Horison , dan 1 Meet and Greet Four Yearss Strong.

Nah... tertarik untuk jadi seorang LO? atau tertarik membeli bukunya?

1 komentar:

  1. LIAISON OFFICER sekarang sudah ada sertfikasinya & kalo mau "berpraktek" jadi LO harus tersertifikasi Kompetensi, karena sudah banyak user menanyakan Sertifikasi Kompetensi LO & bidang MICE yang lain (Venue Management, Registration Officer, Event Logistic, Event Marketing Communication, Destination Bidding & Stand Building). jadi selain pengalaman, apabila sudah dapat sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh negara melalui BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) & LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) MICE, maka semakin oke lah dalam Bekerja..
    Sertifikasi Kompetensi LO & bidang MICE yang lain bias didapat dengan uji Kompetensi melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) MICE.

    semoga bermanfaat…:)

    BalasHapus