Selasa, 28 Februari 2012

Menghilangkan Verifikasi Captcha Pada Blogspot

Biasanya kalau kita akan memberikan komentar pada tulisan teman di blog (umumnya Blogspot) maka kita akan melalui tahapan verifikasi seperti tampilan pada gambar diatas. Mengapa harus demikian ? Coba baca pada gambar diatas "Buktikan bahwa Anda bukan robot"  Apakah robot juga suka blogwalking dan ikutan komentar ?
Kembali kepada topik mengenai Captcha, Pertama apakah pengertian Captcha ? Captcha yang memiliki nama lengkapnya Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart adalah salah satu penerapan metode Turing Test yang digagas oleh Alan Turing di tahun 1950. Lalu apakah Fungsi / gunanya ? Captcha berfungsi untuk memastikan bahwa pengisi formulir adalah benar-benar  dilakukan seorang manusia / bukan robot / program komputer. Program komputer akan mengalami kesulitan dalam mengartikan huruf-huruf yang bengkok-bengkok atau bertumpuk kacau balau sementara manusia masih dengan (agak) mudah membacanya.


Kadang-kadang saya merasa kehadiran Captcha menghambat ketika akan menuliskan komentar kepada postingan teman. Mungkin beberapa dari teman-teman sering memiringkan leher sambil mendekat ke layar monitor untuk membaca huruf-huruf yang bagai tertiup angin itu. Setidaknya itulah yang sering saya lakukan untuk membaca Captcha sebelum memutuskan untuk memilih Captcha lainnya.

Saat ini saya sedang berpikir untuk mempermudah teman-teman saya yang akan berkomentar di blog saya dengan menghilangkan Verifikasi Captcha. Tetapi akan ada kemungkinan berisiko munculnya komentar-komentar spam atau komentar yang tidak ada relevansinya dengan artikel yang saya atau teman-teman tulis.
Bila teman-teman berencana ingin menghilangkan  Verifikasi Captcha pada blog teman-teman , berikut caranya.
1.  Login ke Blogspot 
2Masuk pada Setting dan Pengaturan
3. Pada bagian tab “Komentar” atau “Comments” cari bagian “Tampilkan Verifikasi kata untuk komentar?” atau “Show word verification for comments?” lalu pilih “Tidak” atauNountuk tidak menampilkan verifikasi kata.


4. Setelah mengisi jangan lupa SAVE SETTINGS

6 komentar:

  1. infonya menarik mbak...nanti saya coba deh....

    BalasHapus
  2. Makasi mbak, itu juga saya baru tahu caranya :)

    BalasHapus
  3. kalo pas mau posting artikel banyak kan pasti disuruh ketik kode CAPCTHA Nah cara menghilangkannya gimana tuh gan???

    BalasHapus
  4. yups mau tau juga nie gimana caranya ???

    BalasHapus