Sabtu, 07 April 2012

Permen Hopje

Pernah dengar Hopje ? 
atau Hopjes ?
Mungkin sebagian pernah dengar tapi lupa-lupa ingat atau malah belum sempat dengar.

Bentuk permen Hopje Rademaker's dengan kemasan kaleng cantik
Hopje itu adalah nama sebuah permen. Permen Hopje adalah permen rasa kopi dan karamel. Mendengar dari namanya permen ini berbau nama-nama Belanda.  Awal cerita dari permen Hopje ini diciptakan oleh Hendrik Hop di akhir abad  18. Hendrik Hop menciptakan permen ini karena ia dilarang oleh dokter untuk mengkonsumsi kopi. Maka, Hendrik memerintahkan juru masaknya yang bernama Theodorus van Haaren untuk membuat sejenis permen dengan rasa kopi dan karamel. Maka terciptalah Hopje dan juga sering disebut Haagse hopjes. Haagse menunjukkan Den Haag, tempat asal permen ini.

3 variant rasa permen produksi Paberik Kembang Gula Sin A
Keberadaan Hopje di Indonesia bisa jadi dipelopori oleh Sin A (Paberik Kembang Gula yang telah berdiri sejak tahun 1935). Produk pertama Sin A adalah Ting Ting Jahe dan baru 2 tahun kemudian, Sin A memproduksi sekitar 34 jenis permen lainnya. Sedangkan di tahun 1942 permen Hopje baru diproduksi. Sin A atau sekarang lebih dikenal dengan nama Sindu Amrita sampai saat ini masih tetap berdiri dan  telah banyak mengekspor produk-produknya hingga ke luar negeri seperti Hongkong, Australia, Amerika, Inggris, Jerman dan negara-negara lainnya.  Jadi kalau teman-teman belum pernah mencoba rasa permen Hopje datang aja ke Hyper Market terkemuka di kota kalian.

Kemasan Hopjes yang sayang untuk dibuang

1 komentar:

  1. Dulu, waktu kecil permen hopjes ini adalah permen kesukaan saya. Belinya secara eceran, tapi lupa berapa ya harga satuannya ? Saya masih ingat rasa permen ini, walaupun sudah lama tidak memakannya (mungkin lebih dari 30 th ?!),jadi rindu euy...
    Trima kasih ya sudah sharing, saya jadi tahu sejarah permen ini :)

    BalasHapus