Rabu, 28 September 2011

Prameks Yogya - Solo dan sekitarnya

Kereta api Prambanan Ekspres atau Prameks adalah layanan transportasi kereta api yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, dan Surakarta (hingga Stasiun Palur di timur kota). 
KA Prameks Solo–Yogyakarta pergi pulang (PP) kali pertama diluncurkan tanggal 20 Mei 1994 tetapi sebenarnya sejak tahun 1960-an hingga akhir 1970-an sudah pernah ada layanan kereta api yang seperti Prameks namun ditahun 1980-an "Kuda Putih" (karena ada logo bergambar kuda di bagian atas jendela masinisnya)dihentikan operasionalnya. 

Fakta yang baru saya tahu bahwa Kereta "Kuda Putih" ini adalah KRD (kereta rel diesel) pertama di Indonesia.

Penumpang KA Prameks terbagi dalam beberapa komunitas penumpang KA Prameks menjadi enam bagian. Pertama, adalah pelanggan harian atau pelaju yang berprofesi sebagai dosen, dokter, pegawai pemerintah, atau pegawai swasta. Kedua, adalah para mahasiswa S1, S2, S3 yang melaju setiap hari atau kadang-kadang sepekan sekali. Ketiga, adalah pedagang yang memiliki akses dengan Pasar Beringharjo dan Malioboro di Yogyakarta atau di Pasar Klewer dan Pasar Gede di Solo yang jumlahnya relatif kecil. Keempat, adalah penumpang yang betul-betul baru, mereka mengisi liburan bersama keluarga sekaligus ingin menikmati perjalanan dengan KA Prameks. Kelima, adalah turis mancanegara yang sedang dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju ke Solo atau sebaliknya. Keenam, adalah rombongan wisata dadakan anak-anak TK dengan tujuan Yogyakarta atau Solo, rombongan wisata siswa pelajar dari luar kota seperti Magelang dan Temanggung.



Source: Wikipedia

Source: Wikipedia
Kuda Putih (doc: Google search)
Prameks_2 berangkat 05:35 dari Tugu - Solo Balapan 06:40

Petugas kebersihan dalam kereta Prameks
Gerobak dorong di dalam kereta


Suasana dalam Prameks dengan 2 jenis tempat duduk
Suasana Prameks di siang hari
Tiket Prameks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar