Kamis, 29 September 2011

Angkringan Jogja

Sego Kucing (Nasi Kucing)

Angkringan di sebelah selatan Pasar Bringharjo
Ini dia Angkringan, dalam bahasa Jawa ' Angkring ' yang berarti duduk santai. Angkringan adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. 


Angkringan dikenal dengan sebutan ting-ting hik (baca: hek). Karena penjualnya berteriak “Hiiik…iyeek” ketika menjajakan dagangan mereka. Istilah hik sering diartikan sebagai Hidangan Istimewa a la Kampung. Sebutan hik masih bisa ditemui di Solo hingga saat ini, tetapi untuk di Jogja istilah angkringan lebih populer.

Sebuah gerobak angkringan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Dengan penerangan dari lampu sentir yang temaram serta mengandalkan lampu penerangan jalan, angkringan menjajakan nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telor puyuh, kripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau. 

Konsumen Angkringan memiliki stereotipe yang ditujukan untuk kaum marjinal, tapi kenyataannya tidaklah demikian. konsumen Angringan sangat menikmati suasana santai dan akrab, walaupun sebelumnya tidak saling kenal satu sama lain, namun karena suasana yang hangat antar penjual dan pembeli mampu menciptakan suasana rindu untuk datang kembali kesana. 

Suasana Angkringan Lik Man (doc: google search)
Salah satu Angkringan legendaris di Yogyakarta adalah Angkringan Lik Man, Mbah Pairo (kakek dari Lik Man) ini adalah orang pertama yang berjualan dengan konsep angkringan. Mbah Pairo memulai warung angkringan ini di sekitar tahun 1950-an. 
Untuk menemukan lokasi angkringan ini sangatlah mudah, letaknya sebelah utara Stasiun Tugu. 

Kopi Joss (doc: Google search)

Salah satu menu andalan disini adalah Kopi Joss, kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. 
Lahirnya kopi Joss ini berawal dari seorang mahasiswa UGM yang sering nongkrong disini lalu melakukan penelitian bila kopi ditambahkan dengan arang maka  kadar kafeinnya akan  rendah karena dinetralisir oleh arang. 

Lokasi Angkringan Lik Man

Tidak ada komentar:

Posting Komentar